Minggu, 03 Desember 2017

MEDIA PEMBELAJRAN FOTONOVELA

https://youtu.be/tpWTt_P7W9o

TUGAS
MEDIA, SARANA DAN BAHAN BELAJAR PLS
TENTANG
“ MEDIA PEMBELAJARAN FOTONOVELA”

Oleh Kelompok Pedagogi :

1.         DINA SAHLINI                       (16005054)
2.         ELINUR SAKIYAH                (16005009)
3.         HANIFA ZULMI                     (16005085)
4.         INTAN AULIA                                    (16005017)
5.         NOVITA YUSDIANA             (16005090)
6.         PITRI                                       (16005043)
7.         RAMA YULI SARI                 (16005091)
8.         REZA GUSTIA                                    (16005044)
9.         SALAIDA MENKA                 (16005046)
10.       SANDRA NOVELISA                         (16005047)
11.       SISKA APRILIA                      (16005032)
12.       VEGA AFRIANTI                   (16005093)
13.       VIVI SRI KURNIATI              (16005048)


PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2017


Fotonovella


A.    Pengertian
Fotonovela adalah sebuah karya yang berupa rangkaian foto yang dilengkapi dengan teks cerita. Kata ini diambil dari kata foto dan novel. Fotonovela merupakan salah satu alternatif media tayang audiovisual yang menarik dan bisa digunakan untuk menunjukkan kepedulian dan penyadaran public.
Media ini muncul pada akhir saat buklet foto mulai diproduksi di Italia sebagai produk sampingan dari industri film. Mulanya, Fotonovela merupakan rangkuman gambar dari film-film Hollywood sampai akhirnya berkembang menjadi media pembelajaran. Fotonovela kerap kali dikaitkan dengan historietas, serupa dengan Fotonovela namun menggunakan ilustrasi gambar sebagai pelengkap cerita. Hingga akhir 1980an, Meksiko merupakan pusat perkembangan Fotonovela sebelum akhirnya menyebar ke belahan dunia lain seperti Amerika Serikat, Ekuador, beberapa negara Afrika.
Media ini telah mengalami sejarah panjang dan berdampak besar terhadap komunitas Latin di Amerika Serikat, juga di Mexico dan Amerika Latin. Dr. Irene Herner, seorang sosiologis asal Mexico menyatakan besarnya potensi Fotonovela dan historieta sebagai alat pembelajaran publik. Banyaknya gambar dan sedikit teks membuat jenis media seperti ini mengundang publik untuk membaca dan memahami makna Fotonovela. Dalam perkembangannya, Fotonovela telah menjadi alat melakukan pendidikan, advokasi publik, penyadaran, proses diskusi, dan peningkatan motivasi untuk berbagai isu seperti gender, budaya, politik, lingkungan dan masih banyak lagi.
Di  penggunaan Fotonovela sudah sering digunakan, baik yang dinamai Fotonovela maupun buku komik, booklet, presentasi, foto bersuara, dan masih banyak lagi. Fotonovela memiliki nilai lebih karena bisa memotret realitas nyata dan relatif lebih mudah dibuat. Kekayaan alam serta karakteristik unik setiap wajah dan wilayah Indonesia bisa ditangkap dengan baik, dan jika dilengkapi pesan yang sesuai akan memperkuat gambaran keadaan lokal apa adanya.

B.     Fungsi Fotonovela
Salah satu fungsi dari fotonovela yaitu membantu pendidik dalam mengatasi keterbatasan menggunakan bahasa lisanya
1.      untuk menjelaskan materi ajar serta mengasah kemampuan belajar mandiri peserta didiknya.
2.      Dapat dijadikan sebagai publikasi dan edukasi.

C.     Kelebihan fotonovela
1.      Jika gurunya kreatif dapat menuangkan ide-idenya kedalam bentuk sketsa
2.      Dapat menarik perhatian murid
3.      Menghindari verbalitas
4.      Memperjelas penyampaian pesan

D.    Cara Pembuatan Fotonovela
Foto Novela dibuat  berdasarkan tema yang digali dari permasalahan maupun potensi yang dihadapi secara riel komunitas, serta dibuat penuh oleh masyarakat itu sendiri. Baik pengkajian masalah, penentuan tema, pembuatan cerita dan skenario, penentuan peran dan tugas pelaksana produksi, pengambilan foto, pembuatan Foto Novela, penggandaan, proses dialog, rumusan hasil dialog serta action plan yang akan dirumuskan oleh warga komunitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

media pembelajaran anak usia dini

https://youtu.be/tpWTt_P7W9o TUGAS MEDIA, SARANA DAN BAHAN BELAJAR PLS TENTANG “ MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI ” O...