TUGAS
MEDIA, SARANA DAN BAHAN BELAJAR
PLS
TENTANG
“ MEDIA
PEMBELAJARAN FOTONOVELA”
Oleh Kelompok Pedagogi :
1. DINA SAHLINI (16005054)
2. ELINUR SAKIYAH (16005009)
3. HANIFA ZULMI (16005085)
4. INTAN AULIA (16005017)
5. NOVITA YUSDIANA (16005090)
6. PITRI (16005043)
7. RAMA YULI SARI (16005091)
8. REZA GUSTIA (16005044)
9. SALAIDA MENKA (16005046)
10. SANDRA NOVELISA (16005047)
11. SISKA APRILIA (16005032)
12. VEGA AFRIANTI (16005093)
13. VIVI SRI KURNIATI (16005048)
PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2017
Fotonovella
A. Pengertian
Fotonovela
adalah sebuah karya yang berupa rangkaian foto yang dilengkapi dengan teks
cerita. Kata ini diambil dari kata foto dan novel. Fotonovela merupakan salah
satu alternatif media tayang audiovisual yang menarik dan bisa digunakan untuk
menunjukkan kepedulian dan penyadaran public.
Media
ini muncul pada akhir saat buklet foto mulai diproduksi di Italia sebagai
produk sampingan dari industri film. Mulanya, Fotonovela merupakan rangkuman
gambar dari film-film Hollywood sampai akhirnya berkembang menjadi media
pembelajaran. Fotonovela kerap kali dikaitkan dengan historietas, serupa dengan
Fotonovela namun menggunakan ilustrasi gambar sebagai pelengkap cerita. Hingga
akhir 1980an, Meksiko merupakan pusat perkembangan Fotonovela sebelum akhirnya
menyebar ke belahan dunia lain seperti Amerika Serikat, Ekuador, beberapa
negara Afrika.
Media
ini telah mengalami sejarah panjang dan berdampak besar terhadap komunitas
Latin di Amerika Serikat, juga di Mexico dan Amerika Latin. Dr. Irene Herner,
seorang sosiologis asal Mexico menyatakan besarnya potensi Fotonovela dan
historieta sebagai alat pembelajaran publik. Banyaknya gambar dan sedikit teks
membuat jenis media seperti ini mengundang publik untuk membaca dan memahami
makna Fotonovela. Dalam perkembangannya, Fotonovela telah menjadi alat
melakukan pendidikan, advokasi publik, penyadaran, proses diskusi, dan
peningkatan motivasi untuk berbagai isu seperti gender, budaya, politik,
lingkungan dan masih banyak lagi.
Di penggunaan Fotonovela sudah sering digunakan,
baik yang dinamai Fotonovela maupun buku komik, booklet, presentasi, foto
bersuara, dan masih banyak lagi. Fotonovela memiliki nilai lebih karena bisa
memotret realitas nyata dan relatif lebih mudah dibuat. Kekayaan alam serta
karakteristik unik setiap wajah dan wilayah Indonesia bisa ditangkap dengan
baik, dan jika dilengkapi pesan yang sesuai akan memperkuat gambaran keadaan
lokal apa adanya.
B. Fungsi
Fotonovela
Salah
satu fungsi dari fotonovela yaitu membantu pendidik dalam mengatasi
keterbatasan menggunakan bahasa lisanya
1. untuk
menjelaskan materi ajar serta mengasah kemampuan belajar mandiri peserta
didiknya.
2. Dapat
dijadikan sebagai publikasi dan edukasi.
C. Kelebihan
fotonovela
1. Jika
gurunya kreatif dapat menuangkan ide-idenya kedalam bentuk sketsa
2. Dapat
menarik perhatian murid
3. Menghindari
verbalitas
4. Memperjelas
penyampaian pesan
D. Cara
Pembuatan Fotonovela
Foto
Novela dibuat berdasarkan tema yang
digali dari permasalahan maupun potensi yang dihadapi secara riel komunitas,
serta dibuat penuh oleh masyarakat itu sendiri. Baik pengkajian masalah,
penentuan tema, pembuatan cerita dan skenario, penentuan peran dan tugas
pelaksana produksi, pengambilan foto, pembuatan Foto Novela, penggandaan,
proses dialog, rumusan hasil dialog serta action plan yang akan dirumuskan oleh
warga komunitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar