TUGAS
MEDIA, SARANA
DAN BAHAN BELAJAR PLS
TENTANG
“ MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN FLANNEL”
Oleh Kelompok Pedagogi :
1.
DINA SAHLINI (16005054)
2.
ELINUR SAKIYAH (16005009)
3.
HANIFA ZULMI (16005085)
4.
INTAN AULIA (16005017)
5.
NOVITA YUSDIANA (16005090)
6.
PITRI (16005043)
7.
RAMA YULI SARI (16005091)
8.
REZA GUSTIA (16005044)
10. SANDRA NOVELISA
(16005047)
11. SISKA APRILIA (16005032)
12. VEGA AFRIANTI (16005093)
13. VIVI SRI KURNIATI (16005048)
13. VIVI SRI KURNIATI (16005048)
PENDIDIKAN LUAR
SEKOLAH
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2017
MEDIA PEMBELAJARAN
PAPAN FLANNEL
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Media pendidikan merupakan komponen penting
dalam suatu proses pembelajaran. Suatu proses pembelajaran akan lebih mengena
apabila menggunakan media pembelajaran, pesan yang sebelumnya bias ditafsirkan
oleh peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran ini akan lebih mudah
diterima oleh peserta didik dan cenderung tidak bias pengertiannya. Media
belajar merupakan sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran,
perasaan, perhatian, dan kemampuan pembelajar sehingga mendorong kegiatan
belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan aktif. Menggunakan pemilihan
media dan tekhnik yang baik akan menjadikan konsentrasi peserta didik akan
lebih baik dibanding dengan tidak menggunakan media.
Media
pembelajaran mempunyai kontribusi dan peran yang cukup signifikan dalam proses
belajar mengajar, oleh karenanya guru diharapkan mampu menggunakan dan
memanfaatkan media secara maksimal. Di dalam makalah ini akan dijelaskan salah
satu dari jenis media grafis yaitu media papan flannel.
B.
Rumusan Masalah
Dalam makalah ini akan dirumuskan
beberapa permasalahan, diantaranya: Apakah Pengertian, tujuan, serta
kekurangan dan kelebihan media pendidikan dari papan flannel.
C.
Tujuan Penulisan
Agar mengetahui makna dari media
pendidikan papan flannel, tujuan serta kekurang dan kelebihan dari media
tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian papan Flannel
Papan flannel adalah papan yang
berlapis kain flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang,
dilipat dan dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali. Papan flanel
adalah media grafis yang efektif untuk menyajikan pesan-pesan tertentu kepada sasaran
tertentu pula. Papan berlapis kain flanel ini dapat dilipat sehingga praktis.
Gambar-gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dicopot dengan mudah sehingga
dapat dipakai berkali-kali.
Papan flannel termasuk salah satu
media pembelajaran dua dimensi, yang dibuat dari kain flannel yang ditempelkan pada
sebuah triplek atau papan atau gabus. Kemudian membuat guntingan-guntingan
flannel atau kertas rempelas yang di letakkan di bagian belakang gambar. Agar
guru dapat memanfaatkan media papan flannel dengan efektif, perlu memahami tujuan,
kelebihan dan kelemahan, teknik pembuatan serta penggunaannya.
B.
Tujuan media pendidikanpapan flannel
1. Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna,
pengembangan perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep,
memberi pesan tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan
sejenisnya.
2. Membantu pengajar untuk menerangkan bahan pelajaran.
3. Mempermudah pemahaman pembelajar tentang bahan pelajaran.
4. Agar bahan pelajaran lebih menarik.
C.
Kelebihan dan kekurangan media pendidikan papan Fannel
1) Kelebihan menggunakan papan flannel:
a. Gambar-gambar dengan mudah ditempelkan
b. Efisiensi waktu dan tenaga
c. Menarik perhatian peserta didik
d. Memudahkan guru menjelaskan materi pelajaran
e. Dapat digunakan berulang kali
2) Kekurangan menggunakan papan flannel
a. Memerlukan waktu lama untuk mempersiapkan materi
b. Memerlukan biaya yang mahal untuk mempersiapkannya
c. Sukar menampilkan pada jarak yang jauh
d. Flannel/laken mempunyai daya rekat yang kurang kuat
D.
Bahan-bahan dan cara pembuatan
1. Bahan-bahan:
a) Kain flannel/kertas rempelas/laken
b) Papan atau triplek
c) Lem
d) Gunting
e) Paku
f) Gambar atau materi yang akan diajarkan
2. Cara pembuatan papan flannel:
a) Siapkan papan atau triplek.
b) Tempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken pada papan
c) Kumpulkan gambar yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan
d)
Gambar yang akan
digunakan bagian belakangnya ditempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken
kemudian gambar tersebut ditempelkan pada papan sehingga gambar tetap melekat
pada papan flannel.
BAB II
KESIMPULAN
Papan flannel
adalah salah satu alat yang bisa digunakan dalam media pendidikan didalam
proses pembelajaran. Papan flannel adalah papan yang berlapis kain
flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang, dilipat dan
dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali. Tujuannya dari adanya
papan planel ini agar guru memiliki kreativitas didalam pengajarannya, serta
membantu mempermudah didalam penyampaian materi kepada peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA
Yudhimunadi, MEDIA PEMBELAJARAN_sebuahpendekatanbaru,GaungPersada
(GP)Press Jakarta.2012.
http://pendidikanislamyes.blogspot.com/2013/11/media-papan-flanel-untuk-pembelajaran.html.
http://arya-spd.blogspot.com/2012/12/media-grafis-papan-flanel-dan-papan.html.
dikutiftanggal 24/10/14,pukul 8.00
Yudhimunadi, MEDIA PEMBELAJARAN_sebuahpendekatanbaru,GaungPersada
(GP)Press Jakarta.2012. hal106
http://pendidikanislamyes.blogspot.com/2013/11/media-papan-flanel-untukpembelajaran.html.dikutiftanggal
24/10/14, pukul 8.00
Sumber: file:///D:/TUGAS/SEMESTER%203/PROFESI%20PLS/MS.%20PPT/MAKALAH%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20PAPAN%20FLANNEL%20-%20MAKALAH%20NIH.html
Sumber: file:///D:/TUGAS/SEMESTER%203/PROFESI%20PLS/MS.%20PPT/MAKALAH%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20PAPAN%20FLANNEL%20-%20MAKALAH%20NIH.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar