Minggu, 03 Desember 2017

MEDIA POSTER

https://youtu.be/tpWTt_P7W9o
TUGAS
MEDIA, SARANA DAN BAHAN BELAJAR PLS
TENTANG

Media Poster 

Oleh Kelompok Pedagogi :

1.      DINA SAHLINI                             (16005054)
2.      ELINUR SAKIYAH                      (16005009)
3.      HANIFA ZULMI                           (16005085)
4.      INTAN AULIA                              (16005017)
5.      NOVITA YUSDIANA                   (16005090)
6.      PITRI                                             (16005043)
7.      RAMA YULI SARI                       (16005091)
8.      REZA GUSTIA                              (16005044)
9.      SALAIDA MENKA                       (16005046)
10.  SANDRA NOVELISA                   (16005047)
11.  SISKA APRILIA                            (16005032)
12.  VEGA AFRIANTI                         (16005093)
13. VIVI SRI KURNIATI                     (16005048)



PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2017


Media Poster
A.    Pengertian Media Poster
Media Poster merupakan suuatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bermaksud menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat (Sri Anitah, 2008:12).
Poster adalah sebagai kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 2010: 51).
Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal. poster biasa juga disebut cat plakat karena meniliki sifat yang pekat, sifatnya datar cocok untuk menggambar dekoratif
Rudi susilana dan Cepi Riana (2009: 14) menjelaskan bahwa poster yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
Berdasarkan pendapat di atas, dapat peneliti simpulkan bahwa media poster secara umum adalah suatu pesan tertulis baik itu berupa gambar maupun tulisan yang ditujukan untuk menarik perhatian banyak orang sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima orang lain dengan mudah.
B.     Kelebihan dan kekurangan poster
1.      Kelebihan
a.       Area penyampaian yang cukup luas
b.      Biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah
c.       Bila memungkinkan dapat diproduksi dengan jumlah yang sangat   banyak sehingga area penyebaran menjadi lebih luas lagi
d.      Dapat ditampilkan dalam berbagai event seperti pameran produk, laun-ching bahkan dapat pula menjadi souvenir, ataupun door-prize bila memungkinkan.
e.       Unsur warna dan gambar yang lebih dominan dapat menarik perhatian audience
f.       Berisi pesan singkat, sehingga memudahkan audience untuk mengetahui isi pesan
g.      Mudah untuk dipasang dan ditempel
h.      Bisa terpasang di manamana
i.        Fleksibel secara geografis
j.        Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
k.      .Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
l.        Bentuknya sederhana tanpa memerlukan peralatan khusus dan mudah penempatannya, sedikit memerlukan informasi tambahan.
m.    Pembuatannya mudah dan harganya murah.


2.      Kelemahan media Poster adalah sebagai berikut
a.       Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya.
b.      Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.

C.     Ciri- ciri Poster
Ciri-ciri lainnya yang melekat pada poster adalah bahasanya yang relatif singkat, jelas, dan padat. Ini dimaksud agar pembaca dapat mencerna isi pesan tersebut dalam waktu yang relatif singkat
Poster yang biasanya kita jumpai ditempat-tempat publik umumnya diserta dengan gambar yang menarik seperti desain yang keren, selebriti Hollywood, artis-artis terkenal, dan masih banyak lagi.
Terakhir ciri-ciri poster yang harus diketahui adalah dapat dibaca sambil lalu, hal ini manjadi jawaban mengapa poster dibuat dengan singkat dan jelas, karena agar dibaca cepat sambil lalu.
ciri ciri poster :
1.      Desain grafisnya memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
2.      Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding, tempat-tempat umum atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.
3.      Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
4.      Bahasa singkat dan jelas.
5.      Teks sebaiknya disertai gambar.
6.      Dapat dibaca sambil lalu.

D.    Jenis jenis poster
Jenis-jenis poster tentunya beraneka ragam, itu semua tergantung dengan isi dan tujuan yang ada pada poster tersebut. Hal ini yang membedakan antara poster yang satu dengan poster yang lainnya. Secara kasat mata mungkin kira berpikir semua poster itu sama, semua yang diinformasikan adalah produk-produk yang akan dijual. Sebenarnya itu salah kaprah, untuk itu mari kita sama-sama mengenal jenis-jenis poster yang umumnya kita jumpai ditempat-tempat umum.

·         Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isinya

1.      Poster Niaga,
ini merupakan poster yang isinya menjual atau mempromosikan barang dan jasa suatu perusahaan, contoh kalimatnya "Kompor Gatotkaca adalah satu-satunya kompor terbaik untuk dapur anda."
2.      Poster Kegiatan,
ini merupakan poster yang isinya menginformasikan suatu kegiatan, contoh kalimatnya "Jangan lewatkan acara dangdutan bersama Bank Srikandi dilapangan Gasibu 20 April 2014."
3.      Poster Pendidikan,
ini merupakan poster yang isinya memberikan pendidikan kepada masyarakat luas, contoh kalimatnya "Mari kita sukseskan program Keluarga Berenca dengan dua anak cukup."
4.      Poster Layanan Masyarakat,
ini merupakan poster yang isinya menginformasikan pelayanan kepada masyarakat, contoh kalimatnya "Puskemas Arjuna akan mengadakan pengobatan gratis 20 April 2014."
5.      Poster Karya Seni,
ini merupakan poster yang isinya bersifat ekspresif yang belum tentu sama diartikan anatar orang yang satu dengan yang lainnya. Poster ini umumnya gambar dan minim sekali kata-kata.

·         Jenis-jenis Poster Berdasarkan Tujuannya.

1.      Poster Propaganda,
ini merupakan poster yang tujuannya adalah untuk memberikan semangat kepada khalayak umum agar bersemangat didalam mengarungi kehidupan dalam usaha untuk mencapai cita-cita.
2.      Poster kampanye,
ini merupakan poster yang tujuannya adalah merebut simpati masyarakat umum agar memilih dirinya ketika pemilihan tiba, poster ini akan ramai ketika menjelang Pemilu dan Pilkada.
3.      Poster "Wanted" atau "Dicari",
ini merupakan poster yang tujuan utamanya untuk menginformasikan orang hilang atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, poster ini sering kita lihat dipohon-pohon.
4.      Poster "Cheesecake",
ini merupakan poster yang tujuannya untuk menarik perhatian masyarakat ramai. Poster ini umumnya dibuat dengan gambar-gambar orang-orang tenar seperti selebriti, artis, dll.
5.      Poster Film,
 ini merupakan poster yang tujuannya untuk mempromosikan film-film yang akan ditayangkan kepada masyarakat. Poster jenis ini banyak dijumpai dilounge bioskop sebelum kita nonton.
6.      Poster Komik,
 ini merupakan poster yang tujuannya untuk mempopulerkan komik kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan saat ini tren komik sedang menurun berbeda pada saat kejayaannya ditahun 60-an.
7.      Poster Afirmasi,
ini merupakan poster yang tujuannya untuk memotivasi para pembacanya dengan kata-kata yang sugestif, poster ini banyak kita jumpai diacara seminar-seminar atau talkshow-talkshow.


8.      Poster Riset atau Kegiatan Ilmiah,
 ini merupakan poster yang tujuannya menginformasikan kegiatan riset atau penelitian kepada masyarakat umum, poster ini sering kita lihat dimading kampus atau sekolah.
9.      Poster Kelas,
ini merupakan poster yang tujuannya memberikan pengetahuan, wawasan, penerangan, serta motivasi kepada para siswa, poster ini sering kita lihat didalam kelas disekolah-sekolah.
10.  Poster Komersial,
ini merupakan poster yang tujuannya mempromosikan atau menginformasikan barang dan jasa yang akan dijual oleh perusahaan, poster ini juga disebut dengan poster niaga.

Daftar Pustaka
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rudi Susilana dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Sri Anitah. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Pers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

media pembelajaran anak usia dini

https://youtu.be/tpWTt_P7W9o TUGAS MEDIA, SARANA DAN BAHAN BELAJAR PLS TENTANG “ MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI ” O...