TUGAS
MEDIA, SARANA
DAN BAHAN BELAJAR PLS
TENTANG
“Media
Poster”
Oleh Kelompok Pedagogi :
1.
DINA SAHLINI (16005054)
2.
ELINUR SAKIYAH (16005009)
3.
HANIFA ZULMI (16005085)
4.
INTAN AULIA (16005017)
5.
NOVITA YUSDIANA (16005090)
6.
PITRI (16005043)
7.
RAMA YULI SARI (16005091)
8.
REZA GUSTIA (16005044)
9.
SALAIDA MENKA (16005046)
10. SANDRA NOVELISA
(16005047)
12. VEGA AFRIANTI (16005093)
13. VIVI SRI KURNIATI (16005048)
13. VIVI SRI KURNIATI (16005048)
PENDIDIKAN LUAR
SEKOLAH
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2017
Media Poster
A. Pengertian Media Poster
Media Poster merupakan suuatu gambar yang mengombinasikan
unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bermaksud menarik
perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat (Sri Anitah, 2008:12).
Poster adalah sebagai kombinasi visual
dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap
perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan perhatian orang yang
lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya
(Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 2010: 51).
Poster
atau plakat adalah karya seni
atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas
berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan
datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster
biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
Poster bisa
menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu
bisa pula berupa salinan karya seni terkenal.
poster biasa juga disebut cat plakat karena meniliki sifat yang pekat, sifatnya
datar cocok untuk menggambar dekoratif
Rudi susilana dan Cepi Riana
(2009: 14) menjelaskan bahwa poster yaitu sajian kombinasi visual yang jelas,
menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
Berdasarkan pendapat di atas,
dapat peneliti simpulkan bahwa media poster secara umum adalah suatu pesan
tertulis baik itu berupa gambar maupun tulisan yang ditujukan untuk menarik
perhatian banyak orang sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima orang
lain dengan mudah.
B.
Kelebihan dan kekurangan poster
1.
Kelebihan
a. Area penyampaian yang cukup luas
b. Biaya yang dikeluarkan relatif
lebih murah
c. Bila memungkinkan dapat diproduksi
dengan jumlah yang sangat banyak
sehingga area penyebaran menjadi
lebih luas lagi
d. Dapat ditampilkan dalam berbagai
event seperti pameran produk, laun-ching bahkan dapat pula menjadi souvenir,
ataupun door-prize bila memungkinkan.
e. Unsur warna dan gambar yang lebih
dominan dapat menarik perhatian audience
f. Berisi pesan singkat, sehingga
memudahkan audience untuk mengetahui isi pesan
g. Mudah untuk dipasang dan ditempel
h. Bisa terpasang di manamana
i.
Fleksibel
secara geografis
j.
Dapat
mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
k. .Dapat dilengkapi dengan
warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
l.
Bentuknya
sederhana tanpa memerlukan peralatan khusus dan mudah penempatannya, sedikit
memerlukan informasi tambahan.
m. Pembuatannya mudah dan harganya
murah.
2.
Kelemahan media Poster adalah sebagai
berikut
a.
Membutuhkan keterampilan khusus
dalam pembuatannya.
b.
Penyajian pesan hanya berupa unsur
visual.
C. Ciri- ciri Poster
Ciri-ciri
lainnya yang melekat pada poster adalah bahasanya yang relatif singkat, jelas,
dan padat. Ini dimaksud agar pembaca dapat mencerna isi pesan tersebut dalam
waktu yang relatif singkat
Poster
yang biasanya kita jumpai ditempat-tempat publik umumnya diserta dengan gambar
yang menarik seperti desain yang keren, selebriti Hollywood, artis-artis
terkenal, dan masih banyak lagi.
Terakhir
ciri-ciri poster yang harus diketahui adalah dapat dibaca sambil lalu, hal ini
manjadi jawaban mengapa poster dibuat dengan singkat dan jelas, karena agar
dibaca cepat sambil lalu.
ciri
ciri poster :
1. Desain
grafisnya memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
2. Pengaplikasiannya
dengan ditempel di dinding, tempat-tempat umum atau permukaan datar lainnya
dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.
3. Karena
itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
4. Bahasa
singkat dan jelas.
5. Teks
sebaiknya disertai gambar.
6. Dapat
dibaca sambil lalu.
D. Jenis
jenis poster
Jenis-jenis
poster tentunya beraneka ragam, itu semua tergantung dengan isi dan tujuan yang
ada pada poster tersebut. Hal ini yang membedakan antara poster yang satu
dengan poster yang lainnya. Secara kasat mata mungkin kira berpikir semua
poster itu sama, semua yang diinformasikan adalah produk-produk yang akan
dijual. Sebenarnya itu salah kaprah, untuk itu mari kita sama-sama mengenal
jenis-jenis poster yang umumnya kita jumpai ditempat-tempat umum.
·
Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isinya
1. Poster
Niaga,
ini
merupakan poster yang isinya menjual atau mempromosikan barang dan jasa suatu
perusahaan, contoh kalimatnya "Kompor Gatotkaca adalah satu-satunya kompor
terbaik untuk dapur anda."
2. Poster
Kegiatan,
ini
merupakan poster yang isinya menginformasikan suatu kegiatan, contoh kalimatnya
"Jangan lewatkan acara dangdutan bersama Bank Srikandi dilapangan Gasibu
20 April 2014."
3. Poster
Pendidikan,
ini
merupakan poster yang isinya memberikan pendidikan kepada masyarakat luas,
contoh kalimatnya "Mari kita sukseskan program Keluarga Berenca dengan dua
anak cukup."
4. Poster
Layanan Masyarakat,
ini
merupakan poster yang isinya menginformasikan pelayanan kepada masyarakat,
contoh kalimatnya "Puskemas Arjuna akan mengadakan pengobatan gratis 20
April 2014."
5. Poster
Karya Seni,
ini
merupakan poster yang isinya bersifat ekspresif yang belum tentu sama diartikan
anatar orang yang satu dengan yang lainnya. Poster ini umumnya gambar dan minim
sekali kata-kata.
·
Jenis-jenis Poster Berdasarkan
Tujuannya.
1. Poster
Propaganda,
ini
merupakan poster yang tujuannya adalah untuk memberikan semangat kepada
khalayak umum agar bersemangat didalam mengarungi kehidupan dalam usaha untuk
mencapai cita-cita.
2. Poster
kampanye,
ini
merupakan poster yang tujuannya adalah merebut simpati masyarakat umum agar
memilih dirinya ketika pemilihan tiba, poster ini akan ramai ketika menjelang
Pemilu dan Pilkada.
3. Poster
"Wanted" atau "Dicari",
ini
merupakan poster yang tujuan utamanya untuk menginformasikan orang hilang atau
perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, poster ini sering kita lihat
dipohon-pohon.
4. Poster
"Cheesecake",
ini
merupakan poster yang tujuannya untuk menarik perhatian masyarakat ramai.
Poster ini umumnya dibuat dengan gambar-gambar orang-orang tenar seperti
selebriti, artis, dll.
5. Poster
Film,
ini merupakan poster yang tujuannya untuk
mempromosikan film-film yang akan ditayangkan kepada masyarakat. Poster jenis
ini banyak dijumpai dilounge bioskop sebelum kita nonton.
6. Poster
Komik,
ini merupakan poster yang tujuannya untuk
mempopulerkan komik kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan saat ini tren komik
sedang menurun berbeda pada saat kejayaannya ditahun 60-an.
7. Poster
Afirmasi,
ini
merupakan poster yang tujuannya untuk memotivasi para pembacanya dengan
kata-kata yang sugestif, poster ini banyak kita jumpai diacara seminar-seminar
atau talkshow-talkshow.
8. Poster
Riset atau Kegiatan Ilmiah,
ini merupakan poster yang tujuannya
menginformasikan kegiatan riset atau penelitian kepada masyarakat umum, poster
ini sering kita lihat dimading kampus atau sekolah.
9. Poster
Kelas,
ini
merupakan poster yang tujuannya memberikan pengetahuan, wawasan, penerangan,
serta motivasi kepada para siswa, poster ini sering kita lihat didalam kelas
disekolah-sekolah.
10. Poster
Komersial,
ini
merupakan poster yang tujuannya mempromosikan atau menginformasikan barang dan
jasa yang akan dijual oleh perusahaan, poster ini juga disebut dengan poster
niaga.
Daftar Pustaka
Nana Sudjana dan Ahmad
Rivai. 2010. Media Pengajaran.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rudi Susilana dan Cepi
Riyana. 2009. Media Pembelajaran Hakikat,
Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Sri Anitah. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS
dan UNS Pers.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar